Cara mengatasi wordpress tak bisa add plugin atau add theme

Ini dia coding yang bikin error semua update dan fungsi add plugin wordpress.

Sebagai pengguna wordpress selama hampir 10 tahun, saya selalu mengandalkan wordpress untuk hampir 90% website dan blog yang saya bangun. WordPress memiliki bejibun plugin gratisan maupun premium. Semua untuk memudahkan web development. Begitu mudahnya menambah plugin dan theme. Tinggal search di repository dan install.

Namun, akhir akhir ini, tak tau apa penyebabnya, sering sekali tiba tiba fungsi add plugin, add theme, dan auto update menghilang alias missing.

Reaksi pertama tentu kaget dan gupuh, dan sebagai orang yang tak tau banyak tentang database dan sejenisnya, saya hapuslah database dan instalasinya.

jadilah blog baru yang masih kosong semua.. ha ha ha.. Nasib.

Hal tersebut terus terjadi, akhirnya saya browsing dan baca baca, maka ketemulah solusi jitu berikut ini:

Berikut langkah nya:

  1. Buka wp-config.php melalui cpanel anda
  2. tambahkan define( ‘DISALLOW_FILE_MODS’, false ); tepat dibawah kode sebelumnya seperti pada gambar. jangan di paling bawah coding, tidak ngefek. harus pada posisi itu. gak tau kenapa karena saya bukan ahli IT. Ikuti saja. Kalau ternyata sudah ada dan masih True, maka gantilah false.
  3. simpan/save.
  4. refresh halaman admin wordpress anda. buka bagian plugin ataupun theme, maka anda akan melihat kembali tombol add plugin yang menghilang sebelumnya.

Demikian pengalaman saya dengan tombol add plugin dan add theme dan juga auto update wordpress. semoga bermanfaat.