Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan H5P

Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis IT Web Mengunakan H5P Aliv Faizal M

Akhir-akhir ini, berbagai macam pekerjaan pengajar, baik guru, dosen, ataupun lainnya, dituntut untuk mampu menyajikan materi ajar melalui media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Media pembelajaran dapat berupa cetak, maupun elektronik offline ataupun online.

Sering sekali saya dengar dimana-mana, baik melalui seminar maupun artikel di media cetak maupun di internet melalui blog dan website, sekalipun melalui jurnal artikel ilmiah, media pembelajaran berbasis IT menjadi salah satu gambaran paling mudah dan paling sering dikaitkan dengan istilah “media pembelajaran interaktif”, meskipun maknanya sebenarnya bisa lebih luas.

Tak ayal, banyak guru dan pengajar berlomba-lomba belajar dan membuat media pembelajaran interaktif. Didatangilah seminar-seminar, workshop-workshop, hingga kursusan penggunaan IT dan Multimedia untuk pendidikan.

istilah IT dan Multimedia sudah campur aduk dan bias dikebanyakan kalangan pendidik. Semua yang berbau komputer akan dianggap sebagai “IT”, meskipun sebenarnya ada perbedaan. Akan saya bahas di kesempatan lain.

Bagi yang benar-benar buta akan komputer dan internet, membuat media pembelajaran interaktif yang bersifat elektronik tentu tidak mudah. Meskipun sekarang ini sudah banyak sekali Tools untuk membuat media pembelajaran dengan mudah dan user friendly dan dengan support GUI, masih banyak pula yang belum bisa menggunakannya. Tidak mengagetkan, faktanya, semudah apapun pembuatan media pembelajaran interaktif, tetap membutuhkan pengalaman yang cukup, dan keberanian untuk mencoba.

Pada fase ini, saya anggap pembaca sudah memiliki dasar yang cukup untuk memulai membuat media pembelajaran interaktif.

Banyak sekali tool gratis dan sangat memudahkan dalam membuat media pembelajaran interaktif, yang dengan bekal kreatifitas, akan mampu menghasilkan karya yang menarik. Namun, pada kesempatan ini, saya akan memperkenalkan H5P, sebuah framework berbasis web dan html5 untuk membuat media pembelajaran interaktif.